Sate Dan Fakta Mengejutkan

Sate Dan Fakta Mengejutkan

Sate, salah satu masakan Indonesia favorit semua orang Indonesia. Sate kambing, ayam, sapi, buntel, Padang, udang, bahkan babi bagi mereka yang mengkonsumsinya! Cocok deh buat selera semua orang! Ternyata banyak fakta-fakta yang menarik loh dari makanan yang bisa kita temukan dimana-mana ini. Yuk simak fakta menarik tentang sate yang harus kamu tau!
Mulai dikenal semenjak abad ke 19
Popularitas sate ternyata sudah lama banget loh! Sate mulai dikenal semenjak abad ke 19 di pulau Jawa. Kata sate sendiri diduga berasal dari bahasa Tamil. Awal popularitas sate di Jawa berkembang pesat seiring dengan banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia.
Asal muasal yang misterius
Meski ‘sate’ sendiri diketahui berasal dari pulau Jawa, asal muasal dan sumber inspirasi yang melahirkan sate cukup misterius. Selain teori bahwa terciptanya sate merupakan hasil inspirasi dari Timur Tengah, ada teori lain yang menyebut bahwa sate diinspirasi oleh masakan dari Tiongkok. Ada juga yang menyebut sate dibawa para penjajah asal Jepang(kita tentu sudah mengenal robatayaki, sate khas Jepang).
Sate Tersebar hingga Afrika Selatan
Sudah jelas bahwa sate tersebar keseluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan berbagai jenis sate yang khas dari daerah masing-masing. Tapi siapa sangka, sate khas Indonesia juga tersebar keseluruh dunia. Sebut saja Belanda yang memang membawa sate kembali ke negara mereka selepas masa penjajahan. Selain Belanda, sate juga terkenal loh di Afrika Selatan! Hal ini disebabkan perpindahan pendatang Hindia Belanda ke Afrika Selatan, disini sate dikenal dengan sebutan sosatie.
Kalori dalam sate
Jumlah kalori dalam seporsi sate bergantung pada dagingnya sendiri. Misalnya untuk seporsi sate ayam yang berisi 10 tusukan plus lontong mengandung kalori sekitar 681,15 kalori, sedangkan seporsi sate kambing berisi 10 tusuk plus nasi, mengandung 515,46 kalori. Pada intinya, jumlah kalori dalam seporsi sate dan nasi sama dengan jumlah kalori nasi dengan protein pilihan kamu.
Kesalahan pada fusion sate
Saat ini menu sate telah menjadi inspirasi berbagai masakan diseluruh dunia. Mungkin kamu pernah mencoba burger sate (burger yang menggunakan bumbu sate) sebagai salah satu menu limited edition dari salah satu restoran cepat saji. Berbagai menu fusion sate seperti burger sate, sushi sate, dan masih banyak menu lain yang terinspirasi dari sate terus bermunculan di peta kuliner dunia. Namun sayang, kebanyakan mengsalah artikan kata sate itu sendiri. Banyak menu yang menggunakan kata ‘sate’ justru mengambil bumbu kacang dari sate dan memadukannya dengan bahan dan teknik lainnya. Padahal yang dinamakan sate sendiri adalah daging yang ditusuk kemudian dibakar, bukan bumbu kacangnya, itulah sate. (Sumber : Kevin Irwan qraved.com)
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak