
Berkelana dengan menggunakan pesawat terbang membuat kita mempunyai berbagai macam pengalaman mengenai sejumlah bandara, entah itu di tanah air atau pun ke luar negeri.
Bandara merupakan infrastruktur perjalanan udara yang menawarkan pelayanannya bagi para penumpang serta barang-barang kargo. Setiap bandaranya tentu mempunyai servis masing-miasing. Hal tersebut bergantung pada dimensinya, posisi geografisnya, dan juga si pengelolanya.
Pada dasarnya terdapat beberapa layanan utama seperti:
- Layanan penumpang
Mulai dari proses pendaftaran masuk, kepabeanan, pemungutan bagasi, hingga pengecekan keamanan.
- Layanan kargo
Menyusun distribusi dan penerimaan barang kiriman.
- Layanan darat
Layanan transportasi ke bandara, termasuk taksi, bus, kereta api, serta fasilitas parkir yang cocok untuk kedatangan atau penjemutan dan juga parkiran jangka panjang tersedia.
- Layanan udara
Konfigurasi waktu penerbangan, sistem navigasi serta komunikasi.
Alasan utama yang membedakan satu bandara dari bandara lainnya, diantaranya adalah:
1. Fasilitas
Dimensi serta standar mutu bandara dalam mengelola area parkir pesawat, runway, dan apron.
2. Teknologi
Penerapan teknologi maju ini akan mempercepat proses pendaftaran masuk serta penanganan koper. Otomatisasi pasti memberikan kepuasan lebih bagi para tamu.
3. Kenyamanan
Fasilitas hiburan, rumah makan, gerai-gerai, kamar kecil, tempat penyegaran, biasanya tanpa penundaan, dan juga adakah lantai datar atau tidak.
4. Keamanan
Kecepatan petugas dalam memantau gerakan orang-orang di Bandara.
5. Harga
Biaya parkir serta biaya masuk ke area bandara.
6. Aksesibilitas
Tempat parkir bandara cukup terjangkau, lancar dari segi lalu lintas, dan tak berair meski ketika turun hujan.
7. Kualitas layanan
Tanggapi yang baik dari karyawan, proses pendaftaran cepat, serta penjemputan bagasi yang efisien.
Tentu saja, perbedaan layanan dapat dirasakan saat berada di bandara Soekarno Hatta, Ngurah Rai, Sam Ratulangi, LAX, Changi, atau Dubai.
Faktor-faktor utama yang membuat setiap bandara unik terletak pada letak geografisnya, luas area, pengelolanya, dana operasional, serta aturan-aturannya.
Maka dari pengalaman kita sejauh ini, bandara manakah yang patut kita juluki sebagai bandara terbaik?
Harapannya agar para petugas bandar udara secara konsisten meningkatkan pelayanannya demi memuaskan para penumpang.
Selamat terbang.